Tentang Kami

JIGANG (ngaji dan dagang)

Mendokumentasikan kajian-kajian yang pernah dilakukan atau sedang dilakukan dengan cara melatih penulis untuk mencurahkan pikirannya. Hidup itu pada akhirnya mengaji, ngaji itu ada dua hal; mengajar atau menjadi pelajar.

Ini terinspirasi dari hadis nabi jadilah orang yang pintar atau orang yang terpelajar atau orang yang mendengarkan kalam-kalam mulia, atau paling tidak menjadi orang yang mencintai orang alim.

Untuk menjadi orang yang alim, tentu berat perjuangannya dan harus menjadi orang yang belajar terlebih dahulu. Menjadi santri adalah jalan satu-satunya agar tidak terjebak pada kesombongan.

Menjadi santri atau guru, biasanya terbuai dengan honor dan ngaji. Meskipun ini sah secara agama, namun yang paling baik adalah mengajar tanpa harus memikirkan gaji dan honor. Mengajar adalah kemutlakan. Intinya adalah ngaji.

NGAJI

Kata ngaji berasal dari kata kaji. Intinya belajar sih, mau sendiri atau dengan guru, mentor dan sejenisnya. Intinya tetap belajar. Karena ngaji ini kata yang sudah spesifik mengkaji agama, khususnya agama islam, jadi Jigang ini ingin mengembalikan kata kaji tetap pada kata dasarnya, yakni mengkaji apapun yang dihadapi.

Ngaji adalah ilmu, apapun yang kita jalani seharusnya ada ilmunya. Makan aja ada tutorialnya kan?

DAGANG

Rasulullah Muhammad Shallallahu alaihi wasallam sebelumnya ada pedagang. Beliau menjadi karyawan dari juragan yang kelak akan menjadi istrinya sendiri; sayyidah Khadijah.

Dalam buku Muhammad a Trader karya Afzalur Rahman disebutkan bahwa Muhammad telah memimpin ekspedisi dagang ke luar negeri di usia 17 tahun. Beberapa tempat yang telah dikunjunginya adalah Yaman, Siria, Yordania dan Irak.

Reputasi nabi Muhammad Saw. dalam berbisnis sangat harum sehingga mendapat kepercayaan dari banyak orang. Inilah salah satu alasan mengapa masyarakat Arab ketika itu memberikan gelar Al Amin kepadanya.

Di usia 25 tahun beliau dipercaya mengelola urusan perdagangan seorang wanita terhormat di kota Mekkah yaitu Siti Khadijah ke negeri Syam.

JIGANG

Harapan sederhananya, Jigang ini bisa menjadi wadah bagi para penulis dan pengkaji sekaligus bisa menjualkan produk-produk jualan sebagai sesuatu yang dijalankan sebagai manusia. Sederhana bukan? 

Posting Komentar untuk "Tentang Kami"