7 Tips Adab Bertamu dalam Islam yang Harus Diperhatikan

Adab Bertamu dalam Islam. Islam tidak hanya mengajarkan tentang ibadah saja, tapi juga bagaimana cara berinteraksi sesama manusia dan menjalin silaturahmi. Salah satu cara untuk menjalin dan mempererat silaturahmi ialah dengan bertamu. 

Hal ini diatur di dalam agama Islam sebab adab atau etika adalah hal yang paling penting dan utama di dalam menjalin hubungan, baik secara vertikal dengan Allah maupun secara horizontal dengan sesama manusia.

jigang.id

Dengan bertamu, maka seseorang akan lebih mengenal saudara atau tetangganya. Namun, ada beberapa adab yang harus diperhatikan pada saat bertamu. 

Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Berkunjung atau bertamu dengan niat yang baik

Jika ingin bertamu, sebai8knya kita luruskan niat terlebih dahulu. Misalnya bertamu dengan niat menjenguk, memberi kabar gembira, menyambung silaturahmi dan lain sebagainya yang bersifat baik.

2. Memperhatikan waktu

Tidak hanya meluruskan niat, sebaiknya orang yang bertamu harus memperhatikan waktu. Jangan sampai kita datang saat orang yang kita kunjungi sedang sibuk. Bertamulah di waktu yang sekiranya tuan rumah tidak sibuk dan jam istirahat.

3. Meminta izin saat bertamu

Sebelum bertamu, seseorang dapat meminta izin untuk bertamu kepada tuan rumah. Saat ini meminta izin pada tuan rumah dapat dilakukan melalui ponsel, sesampainya di rumah orang yang kita kunjungi, juga harus meminta izin. Jangan sampai masuk rumah orang lain sebelum dipersilahkan masuk.

4. Berpakaian sopan

Dalam islam, seseorang diwajibkan untuk menjaga cara berpakaiannya. Maksudnya adalah menjaga kebersihan dan kesopanannya, jangan sampai memperlihatkan aurat yang tidak sepantasnya diperlihatkan pada orang yang bukan mahramnya. 

Menggunakan pakaian yang bersih dan sopan juga merupakan penghormatan kita terhadap tuan rumah.

5. Bersalaman

Rasulullah bersabda:
“Apabila kamu saling jumpa, maka saling mengucapkan salam dan bersalam-salamanlah, bila saling bepisah, maka berpisahlah dengan ucapan istighfar.”(HR. At-Tahawi) 
Sebagaimana sabda rasulullah diatas, saat bertamu sebaiknya kita mengucap salam dan dilanjutkan dengan bersalam-salaman dengan tuan rumah yang sesama perempuan atau sesame laki-laki untuk menunjukkan hormat dan mempererat tali silaturahmi.

6. Menjaga sopan santun

Tak hanya menjaga kesopanan dalam berpakaian, kita juga harus menjaga sopan santun dalam bersikap dan berbicara saat bertamu. Dan ini juga termasuk menghormati tuan rumah.

7. Memperhatikan batas waktu bertamu

Rasulullah bersabda:
“Masa bertamu adalah tiga hari dan sesudah itu sedekah, tidak halal lagi bagi tamu tinggal lebih lama sehingga menyakiti hati tuan rumah.”(HR Baihaqi).
Sebagaimana sabda rasulullah diatas, kita juga harus memperhatikan waktu kunjungan kita, lama waktu kunjungan juga harus diperhatikan, bisa saja tuan rumah mengesampingkan kesibukannya untuk menerima tamu. 

Jadi, begitu urusan kita selesai, dianjurkan untuk segera mengucapkan terima kasih dan
pamit undur diri.

Di atas adalah 7 adab bertamu dalam islam, dengan adanya aturan ini, maka seseorang memiliki pedoman yang lebih pasti sehingga bisa menjalani hidup dengan lebih baik.

Penulis Nur Hamid Abdullah.

Post a Comment for "7 Tips Adab Bertamu dalam Islam yang Harus Diperhatikan"