Hadis-hadis Tentang Keutamaan Membaca Basmalah

Keutamaan Membaca Basmalah. Setiap orang muslim mestinya membiasakan lisannya mengucapkan "Bismillahirrahmanirrahim" ketika memulai pekerjaan yang baik dan mengakhirinya dengan mengucapkan "Alhamdulilahi Rabbil 'Alamiin"

bacaan basmalah
jigang.id

Apabila ia melakukan demikian, ia akan mendapatkan kelezatan iman di dalam hatinya, serta mendapatkan kebaikan dan keberkahan dari setiap pekerjaan yang dilakukannya.

Rasulullah SAW bersabda, 

"Apabila seseorang tidak memulai sebuah pekerjaan yang mulia (baik dan mudah) sambil mengingat nama mulia Allah SWT dengan membaca "Bismillahirrahmanirrahim" atau lafaz-lafaz yang serupa dengannya, nilai pekerjaan itu menjadi kurang, serta manfaat dan keberkahannya menjadi sedikit".

Dari hadits tersebut dipahami bahwasanya membaca basmallah ketika memulai pekerjaan-pekerjaan yang baik itu hukumnya sunnah. 

Oleh karena sebab itu, para ulama fiqih berkata, "Ketika seseorang berwudhu lalu lupa membaca basmallah pada awalnya, ia disunnahkan membacanya dengan lafaz 'Bismillahi awwalahu wa aakhirahu'. 

Akan tetapi, ia tidak disunnahkan membaca basmallah setelah wudhunya selesai. Sesuai dengan penjelasan di atas, apabila seseorang lupa membaca basmallah ketika memulai makan dan baru ingat ketika sedang makan lalu ia pun membacanya, berarti ia telah melakukan sunnah.

Dalam hadist dikatakan sebagai berikut,

"Apabila salah seorang di antara kalian akan makan (atau minum), bacalah basmallah. Jika kalian lupa mengawalinya dengan basmallah, bacalah "Bismillahi awwalahu wa aakhirahu."

Membaca basmallah dapat menjadi wasilah untuk memperoleh keberkahan. Apabila seseorang lupa baca basmallah, hal itu akan mengakibatkan terputusnya keberkahan. Namun, jangan lupa bahwa penting juga menjaga etika, karena terdapat juga hadis-hadis yang membahas tentang etika.

Diriwayatkan dari Sayyidah Aisyah Radhiyallahu Anha sebagai berikut, "Suatu hari Rasulullah SAW makan bersama enam orang sahabat. 

Kemudian, seorang Badui datang dan mengambil dua suap makanan lalu menghabiskan semua makanan yang cukup untuk enam orang."

Rasulullah SAW bersabda,

"Seandainya ia membaca basmallah, makanan itu akan cukup untuk kalian semua." (Risalatul Basmalah, Mustafa bin Khalil Zagrawi).

Itulah hadist-hadist Nabi tentang keutamaan membaca Basmallah sebelum memulai pekerjaan-pekerjaan yang baik. 

Awalilah semua kegiatan baik kita dengan membaca basmallah dan mengakhirinya dengan Alhamdulillah agar keberkahan selalu menyertai langkah dan pekerjaan kita.

Penulis Muhsin Khoirul Fata.

Post a Comment for "Hadis-hadis Tentang Keutamaan Membaca Basmalah"