Hadis-hadis dan Pendapat Sahabat tentang Pentingnya Adab (Etika)

hadis pentingnya etika sopan santun
jigang.id

Hadis-hadis dan Pendapat Sahabat tentang Pentingnya Adab (etika). Allah SWT berfirman dalam surat At-Tahrim ayat 6 yang artinya, 
"Wahai orang-orang yang beriman, peliharalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka..."

Maksudnya, doronglah keluarga kalian untuk melaksanakan ibadah dan perintah-perintah Allah SWT dan jauhkanlah mereka dari perbuatan maksiat dan fitnah yang dapat membuat mereka terjerumus ke dalam api neraka. 

Sebab, seseorang itu bertanggung jawab atas keluarganya sebagaimana ia bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Rasulullah SAW bersabda, 

"Setiap orang di antara kalian adalah pemimpin (yakni, berkewajiban melindungi dan menjaga apa pun yang berada dalam tanggung jawabnya dengan sebaik mungkin) dan setiap orang di antara kalian juga akan dimintai pertanggungjawaban dari segala sesuatu yang berada di bawah kepemimpinannya."

Sayyidina Ali menafsirkan perintah "peliharalah keluarga kalian!" Dalam ayat karimah di atas dengan berkata, "Didiklah keluarga kalian dengan adab dan ajarkanlah mereka ilmu!" Dan menyatakan bahwa keselamatan itu hanya akan diperoleh dengan adab dan ilmu.

Sayyidina Umar bin Khattab RA berkata, 

"Perindahlah adab kalian terlebih dahulu, kemudian pelajarilah ilmu!" 

Rasulullah SAW bersabda 

"Tidak ada pemberian orang tua kepada anaknya yang lebih utama daripada adab yang baik." (HR Hakim, Al-Mustadrak). 

Pendidikan anak harus diterapkan pada waktunya. Besi ditempa ketika panas dan pohon dibentuk ketika masih kecil.

Maksudnya, "setiap urusan telah ditentukan waktu dan musimnya" 

Ketika sebuah pekerjaan dilakukan pada waktunya, hasilnya akan sempurna. Oleh karena itu, seseorang perlu memperhatikan waktu yang tepat kapan pendidikan akan diberikan. Hasan Al-Bashri berkata, "Belajar pada usia kecil bagaikan mengukir di atas batu." 

Adapun Imam Rabbani KS berkata, "orang-orang yang terlepas dan jauh dari adab tidak akan mungkin sampai kepada Allah SWT." 

Abul Faruq Syekh Sulaiman Hilmi Tunahan Silistrawi KS berkata, "Keseluruhan jalan maknawiah adalah adab. Tanpa adab, seseorang tidak akan pernah sampai kepada Allah SWT." 

Dari ungkapan-ungkpan dan beberapa hadist Nabi di atas memberitahukan kepada kita betapa pentingnya pelajaran adab sebelum belajar ilmu-ilmu yang lainnya, karena adab tingkatannya di atas ilmu. Dan dengan kita beradab insyaAllah hidup kita di dunia dan akhirat akan selamat.

Penulis: Yudi Sipriadi

Post a Comment for "Hadis-hadis dan Pendapat Sahabat tentang Pentingnya Adab (Etika)"