3 Amalan Sunnah yang Bisa Kita Lakukan di Bulan Muharram

berpuasa bulan muharram
jigang.id
Amalan-Amalan sunnah yang bisa kita lakukan di Bulan Muharram. Kalender Hijriyah ini diawali dengan bulan Muharram sebagai bulan pertama, dengan bulan ini, Allah membuka setiap tahun sesuai sabda Rasulullah SAW: 
"Sesungguhnya Allah membuka tahun dengan bulan Muharram dan mengakhirinya pula dengan bulan Dzulhijjah. Maka tiada bulan dalam satu tahun lebih agung di sisi Allah setelah bulan Ramadhan dariapada bulan Muharram"
Dengan demikian, bulan Muharram memiliki keutamaan luar biasa bagi kaum Muslimin karena termasuk dari Arba'atun hurum (empat bulan yang diharamkan) dan bulan yang dimuliakan Allah. Dalam bahasa Arab, kata Muharram memiliki makna yang diharamkan. Sebab, dibukan ini dahulu bangsa Arab sepakat untuk mengharamkan peperangan.

Karena keutamaannya itulah, ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Muharram. Berikut beberapa amalan yang disunnahkan di bulan Muharram :

1. Berpuasa

Puasa memiliki keutamaan yang sangat istimewa disisi Allah. Namun di bulan Muharram ini, terdapat beberapa pendapat mengenai cara yang bisa dipilih kaum muslim untuk berpuasa. Sunnah berpuasa di bulan Muharram bisa dilakukan sebulan penuh. Hal demikian mengacu pada sejumlah hadis, salah
satunya diriwayatkan Abu Hurairah.
"Puasa yang paling utama setelah puasa di bulan Ramadhan adalah puasa di bulan Allah yang kalian sebut dengan Muharram". (Al-Baihaqi
Selanjutnya, pendapat mengatakan dianjurkan untuk berpuasa selama tiga hari di bulan Muharram, dalam kitab Ihya Ulumuddin, Rasulullah SAW bersabda, 
"Barangsiapa berpuasa tiga hari di bulan haram, yakni hari Kamis, Jumat, dan Sabtu, maka Allah akan mencatat untuknya sebagai ibadah selama tujuh ratus tahun". 
Namun, hadis ini masuk dalam kategori hadis lemah.

Sebagian ulama mengatakan, bahwa bulan Muharram yang paling utama adalah sepuluh hari pertama dari bulan itu, di bulan Muharram ini, hari yang sangat dianjurkan ialah pada hari Asyura (hari kesepuluh dari bulan Muharram).

Hari Asyura memiliki keutamaan yang sangat besar dan kedudukan yang sangat tinggi di sisi Allah. Sebab, didalamnya terjadi berbagai kejadian bersejarah yang sangat penting dalam Islam, salah satu hadis yang menyebutkan keutamaannya ialah hadis dari Ibnu Abbas.
Ia berkata, 
"Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW bersemangat untuk berpuasa di suatu hari, kecuali hari ini (Asyura) dan di bulan Ramadhan" (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
Rasulullah SAW bersabda, 
"Berpuasalah kalian di hari Asyura dan bedakanlah dengan Yahudi dengan berpuasa sehari sebelumnya atau sesudahnya". (Al-Baihaqi).

2. Bersedekah atau menyenangkan keluarga

Selain berpuasa, umat muslim juga disunnahkan untuk memperbanyak sedekah dan menyenangkan atau memuliakan keluarga. Dalam sebuah hadis dari Abi Sa'id al-Khudri, Rasulullah SAW bersabda, 
"Barangsiapa menyenangkan keluarganya di hari Asyura, maka Allah akan memberikan kesenangan kepadanya (meluaskan rezeki nya) di tahun-tahun berikutnya". (HR. Al-Baihaqi dan Ath-Thabrani).
Dalam hadis lain, Jabir bin Abdullah Ra, mengatakan bahwa Rasulullah SAW
bersabda, 
"Barangsiapa melapangkan keperluan orang lain pada hari Asyura, Allah akan melapangkan untuknya sepanjang tahun itu"

3. Bertaubat kepada Allah dan memperbanyak amal shaleh

Di hari Asyura, dianjurkan untuk memperbarui taubat serta kembali kepada Allah. Meskipun, umat Islam sebenarnya dapat bertaubat kapan pun, sebab di hari Asyura, seperti yang disebutkan dalam sebuah z, terdapat hari dimana Allah memberikan pengampunan kepada sebuah kaum di bulan Muharram.

Aswad bin Yazid berkata,"Aku bertanya kepada Abin bin Amr tentang puasa Asyura. Dia berkata : Pada bulan Muharram ada hari ketika Adam diberi ampunan. Bila engkau mampu, berpuasalah pada hari itu". 

Hal senada dikuatkan oleh Abu Ishaq, yang mengatakan bahwa jika suatu kaum berbuat dosa, lalu mereka bertobat pada hari itu, maka taubat mereka diterima. Semoga ini semua bermanfaat bagi saya dan pembaca, dan kita bisa menjalankan amalan ini pada bulan Muharram nanti, amiiin ya robbal 'alamin.

Tiga hal di atas merupakan amalan-amalan sunnah yang bisa kita lakukan di bulan Muharram. 

Penulis: Rodhiatul Fadhilah

Post a Comment for "3 Amalan Sunnah yang Bisa Kita Lakukan di Bulan Muharram"