Jenis Artikel Berdasarkan Ciri dan Fungsinya

JIGANG.ID - Belakangan ini, masyarakat tentu sudah lebih dari akrab dengan tulisan atau ulasan yang bertebaran di berbagai media maupun media sosial. Terutama adalah media sosial, kini media tulis tidak hanya di media masa seperti koran, tetapi hampir di semua platform media sosial, semua orang bisa membaca dari artikel di media tersebut.

Perkembangan zaman memang menjadi tuntutan bagi sesoerang untuk tumbuh menyesuaikan dengan zaman yang sedang dijalani, mulai budaya, pemikiran, pakaian, hingga tulisan. 

Tulisan yang berbentuk artikel merupakan sebuah karangan pendek, yang panjangnya berkisar antara 300 sampai 1.000 kata, yang membahas tema tertentu yang ditujukan untuk menyampaikan pikiran terhadap sebuah realitas, baik berupa fakta, konsep atau pendapat tertentu.

Bagi sebagian orang menulis artikel itu mudah. Ia tinggal menuangkan isi di kepalanya dalam sebuah tulisan dan jadilah artikel. Tapi, tak dapat dipungkiri sebagian lainnya merasa sulit membuat artikel. Adapun bisa, tapi tidak menarik, bertele-tele dan tidak kaya informasi.

Terkadang menjadi kepikiran, kenapa sih artikel-artikel banyak yang menjadi viral hingga dibaca ratusan ribu orang padahal hanya membahas hal-hal yang sepele dan receh? Ternyata kuncinya adalah bagaimana cara menulis seseorang. 

Artikel remeh dan receh tapi jika dikemas dengan bahasa yang baik dan memikat pembaca, maka akan menarik. Sebaliknya sebesar apapun ide pemikiran orang, jika ditulis dengan logika yang tidak runtut, bahasa yang bertele-tele hingga terlalu banyak pengulangan, maka yang terjadi adalah membuat bosan pembaca.

Sebelum membahas lebih jauh tentang hal di atas, kita perlu tahu dulu tentang jenis-jenis artikel.

Beberapa Jenis Artikel

Sebelum Anda mempelajari cara membuat artikel, terlebih dahulu Anda harus tahu jenis-jenis artikel. Tujuannya agar Anda tahu ingin menulis artikel yang seperti apa, karena setiap artikel memiliki ciri dan fungsinya sendiri-sendiri. Berikut adalah beberapa jenis artikel yang umum Anda baca.

Artikel Narasi

Artikel ini sifatnya menceritakan sesuatu atau seseorang secara runut. Contohnya Anda menceritakan biografi seseorang, menceritakan peristiwa, atau bercerita tentang pengalaman Anda di blog Anda sendiri.

Artikel Deskripsi

Artikel jenis ini biasanya digunakan untuk menggambarkan sesuatu. Misalnya review suatu barang, review makanan atau penjelasan tentang sebuah tempat.

Artikel Eksposisi

Artikel ini sifatnya informatif, dan biasanya menjadi yang paling sering dibuat di dunia digital. Isinya biasanya menjelaskan tentang sesuatu dan langkah-langkah, termasuk artikel yang sedang Anda baca sekarang.

Artikel Argumentasi

Artikel seperti ini adalah artikel yang Anda gunakan untuk memberikan argumen terhadap suatu hal. Biasanya artikel ilmiah atau pendapat untuk media masa menggunakan format seperti ini.

Artikel Persuasi

Artikel terakhir ini fungsinya adalah untuk melakukan ajakan, atau kampanye terhadap sebuah program. Selain itu artikel jenis ini juga biasanya digunakan untuk melakukan marketing atau soft-selling.

Nah, jika Anda ingin menulis artikel yang menarik, tulislah sesuatu yang kira-kira akan bermanfaat bagi masyarakat, atau tentang fenomena yang sedang dibicarakan masyarakat.

Langkah Menulis Artikel

Bagi pemula, ada baiknya simak dulu langkah-langkah membuat artikel yang mungkin bisa membantu Anda berikut ini.

1. Tentukan Tema

Tema tulisan Anda harus spesifik. Semakin spesifik semakin menarik minat baca.
Tetapkan Tujuan penulisan. Kebanyakan artikel, apalagi dalam artikel jenis deskripsi dan narasi, tidak menyatakan tujuan penulisan secara tersurat, melainkan tersirat.

2. Rumuskan ide pokok atau masalah

Nah, ini bisa menggunakan outline atau rangka ide pokok per paragrafnya. Jadi misalnya Anda ingin menerangkan masalah di paragraf pertama, contoh masalah di paragraf kedua, penyebab di paragraf ketiga, dampak di paragraf empat dan solusi di paragraf lima.

3. Buatlah Kesimpulan

Kesimpulan bikinnya mudah. Anda bisa membuatnya dengan baik bila logika atau alur artikel anda benar.

Hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan artikel adalah:

1. Unsur 5W+1H

– What: Apa persoalannya

– Where : Dimana tempatnya

– When : Kapan

– Who : Siapa yang bercerita, atau menceritakan tentang siapa

– Why : Kenapa persoalan terjadi

– How : Bagaimana persoalan itu bisa terjadi, atau bagaimana persoalan itu diselesaikan.

2. Sesuai Fakta

Artikel memang terdiri dari dua yakni Fiksi dan Nonfiksi. Dalam artikel yang bukan fiksi Anda tentu harus membuat yang sesuai fakta. Bagaimana cara mengetahui itu fakta atau bukan, silakan lakukan cek dan ricek dari berbagai sumber hingga dapatlah artikel yang cover both side.

Nah pentingnya mengemukakan hal sesuai fakta adalah karena saat ini undang-undang kita sangat ketat tentang UU ITE yang akan memenjarakan orang yang menulis berita bohong atau hoaks.

3. Jangan Menyinggung Personal atau Kelompok

Semua orang bebas menulis, menulis apa saja yang ia kehendaki. Namun tulislah yang bermanfaat, bukan hanya buah pikir yang isinya memojokkan seseorang atau kelompok tertentu. Selain akan menyebabkan permusuhan, Anda juga berpotensi melanggar hukum dan berhadapan dengan pihak berwajib.

Jenis Artikel

1. Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi adalah karangan yang bertujuan untuk menulis gambaran suatu fakta sehingga pembaca dapat membayangkannya di dalam benak. Saya lebih suka menjulukinya sebagai artikel gambar. Sebab seratus persen artikel ini berisi gambaran keadaan, kejadian, peristiwa.

2. Artikel Narasi

Artikel jenis ini ditujukan untuk menceritakan suatu keadaan atau situasi, baik berdasarkan urutan waktu atau urutan kejadian.

Artikel narasi bisa seperti cerita (novel, cerpen, komik, dongeng, film, drama, dll), dalam artikel narasi harus ada penokohan, seperti dalam cerita pada umumnya. Sang tokoh digambarkan sebagai sosok yang bergulat dengan masalah dan berkonflik dengan kehidupan. Dan ia berusaha memenangkan pergulatan tersebut. Adanya konflik kehidupan membuat tulisan jenis ini menarik minat baca. Sebab bila tidak ada konflik, maka sebuah narasi akan menjadi hambar.

Contoh Artikel Narasi

Ketika telah datang musim hujan, penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan agar nyamuk penyebab demam berdarah tidak berkembang biak. Cara menjaga lingkungan agar tetap bersih adalah memulai dari dalam rumah. Tutup semua gentong penyimpanan air dan kuras genangan yang terdapat di rumah kita periksa semua ruangan rumah yang berpotensi sebagai tempat berkembang biaknya jentik nyamuk.

Lalu di ruangan gelap serta lembab lainnya. maka oleh karena itu penting untuk kita untuk dapat membersihkan genangan air dalam bak mandi, genangan air bekas mencuci piring, dan air di dalam akuarium jika memiliki akuarium hias di rumah. Selain itu makanan bekas juga berpotensi menarik perhatian nyamuk.


Dengan cara sederhana tersebut diharapkan dapat membantu dalam mengurangi populasi nyamuk yang begitu cepat disaat musim hujan dan mengurangi risiko terserang penyakit demam berdarah akibat gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Selain itu, rumah yang bersih dan rapi juga menambah kenyamanan para penghuninya.

3. Artikel Eksposisi

Artikel jenis ini merupakan karangan yang bertujuan untuk menguraikan suatu topik. Dapat berupa uraian tentang definisi, fungsi, bagian dan kegunaan suatu konsep. Dapat juga berupa langkah, cara atau proses mengerjakan sesuatu.

Ciri khas artikel ini adalah memamerkan poin-poin, urut-urutan angka, tahap demi tahap langkah, menjajarkan definisi, dll. Terkadang terdapat unsur opini pribadi dalam artikel jenis ini, terkadang tidak.


4. Artikel Persuasi

Artikel jenis ini terkenal juga dengan arikel motivasi. Sebab penulisannya bersifat membujuk alias persuasif. Efeknya dapat menggerakkan pembaca untuk melakukan atau mengikuti sesuatu dan sebaliknya meninggalkan sesuatu.

Artikel ini biasanya banyak digunakan oleh pebisnis, konsultan, agamawan, psikolog, terapis, pengambil kebijakan dan siapa saja yang ingin menggiring khalayak untuk mau, rela, antusias, bersemangat mengamini dan tidak menolak apa yang mereka tawarkan.

Demikian ulasan mengenai cara menulis artikel, jenis-jenisnya hingga contohnya. Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Jenis Artikel Berdasarkan Ciri dan Fungsinya"