Puasa Bulan Rajab; Niat, Tata Cara dan Keutamaannya

JIGANG.ID - Bulan Rajab adalah bulan mulia di dalam penanggalan berdasarkan bulan qamariyah. Kemuliaan yang dimiliki oleh bulan Rajab tersebut dianjurkan memperbanyak ibadah, salah satu ibadah tersebut adalah dengan berpuasa.

Sunnah Puasa Rajab
Sumber Gambar Pixabay

Niat puasa bulan rajab tidak rumit sebagaimana puasa wajib. Cukup dengan mengucapkan "Saya niat berpuasa" tidak perlu menyebutkan jenis puasanya. Tidak perlu dengan bahasa arab, bahasa apapun boleh sesuai dengan bahasa yang dipahami.

Selain itu, niat puasa rajab juga tidak perlu dilaksanakan waktu malam hari, boleh diucapkan meskipun sudah siang hari, asalkan matahari belum bergeser ke barat dan tidak melakukan hal-hal yang bisa membatalkan puasa.

Adapun tata caranya puasa bulan rajab adalah boleh dilakukan hanya satu hari, dua hari atau tiga hari. Bahkan diperbolehkan juga satu bulan penuh di bulan Rajab.

Keutamaan bulan Rajab sebenarnya banyak, meskipun didapatkan dari hadis-hadis yang dhaif (lemah)

Hadis pertama diriwayatkan oleh Imam Baihaqi

"Barang siapa yang berpuasa 1 hari di bulan Rajab, maka seperti berpuasa 1 tahun, barang siapa yang berpuasa di bulan rajab selama 7 hari, maka ditutup 7 pintu neraka jahannam. Barang siapa yang berpuasa di bulan rajab selama 8 hari, maka dibuka untuknya 8 pintu surga. Barang siapa yang berpuasa di bulan rajab selama 10 hari, maka tidaklah ia meminta kepada Allah kecuali Allah akan mengabulkannya. Barang siapa yang berpuasa selama 15 hari, maka malaikat akan mengumumkan bahwa dosamu yang telah lampau, sudah diampuni. Maka mulailah beramal. Sungguh keburukanmu telah diganti kebaikan, barang siapa yang menambah puasa maka allah akan menambahkan (pahala) untuknya"

Hadis kedua juga diriwayatkan oleh Imam Baihaqi

"Barang siapa berpuasa 3 hari di bulan haram, hari kamis, jumat dan sabtu. maka ditulis untuknya seperti beribadah selama 700 tahun."

Meskipun kedua hadis di atas adalah dhaif, namun sesuai dengan ketentuannya bahwa hadis dhaif bisa digunakan untuk fadhailul a'mal (memperoleh keutamaaan beribadah)

Kedua hadis tersebut diambil dari kitab Fadhailul Auqat imam Baihaqi.

Disarikan dari Video Youtuber di Gusrumchannel berjudul Puasa Rojab Tata Cara dan Keutamaannya

Post a Comment for "Puasa Bulan Rajab; Niat, Tata Cara dan Keutamaannya"