Hikmah Nifas Yang Ramah Perempuan

bayi sepatu kecil

JIGANG.ID - Salah satu darah yang keluar dari kemaluan perempuan adalah Nifas. Apa sih nifas itu?

Nifas adalah darah yang keluar dari kemaluan perempuan setelah kosongnya rahim dari kandungan/janin. Jadi, jika darah yang keluar pada saat melahirkan itu tidak bisa disebut sebagai nifas, melainkan dam al-thalqi

Apa sih dam ath-thalqi ini? Yaitu, darah yang disebabkan sakit ketika melahirkan. Darah semacam ini bisa dihukumi sebagaimana hukum darah istihadlah atau darah haid.

Terdapat 2 syarat yang harus terpenuhi ketika darah tersebut dihukumi darah nifas. Pertama, harus keluar setelah melahirkan. Kedua, keluarnya darah tidak melewati 15 hari setelah melahirkan.

tabel nifas
Contoh kasus di tabel di atas, misalnya pada tanggal 1 seorang perempuan melahirkan, setelahnya ia bersih tidak mengeluarkan darah selama tiga hari, maka tiga hari tersebut ia tetap dihukumi suci. Pada hari kelima keluar darah, maka darah tersebut masih disebut sebagai nifas sebab tidak keluar dari batas maksimal nifas yaitu 15 hari setelah melahirkan. Meskipun contoh kasus seperti ini jarang terjadi.

Hikmah Nifas

Darah nifas keluar setelah melahirkan mempunyai hikmah yang sangat besar, yaitu meringankan para perempuan untuk tidak melaksanakan kewajiban salat selama ia masih nifas. 

Mazhab Syafiiyyah maksimal 60 hari, sedangkan pada umumnya adalah 40 hari. Jika seorang perempuan mengeluarkan darah setelah melahirkan melewati batas tersebut, maka darah yang keluar tersebut dihukumi darah istihadlah. 

Jika darah istihadlah maka ia tetap wajib melakukan salah dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di dalam hukum fikih.

Inilah hikmah besar di balik hukum islam yang ternyata ramah sekali dengan perempuan. Melahirkan adalah hal sangat-sangat besar perjuangannya, bahkan taruhannya adalah nyawa. Allah  memberikan keringanan bagi perempuan sebagai bentuk kasih sayang dan rahmat yang besar.

Disarikan dari Ngaji Gus Rum di kanal Youtube berjudul NIFAS, TIDAK SEMUA DARAH SETELAH MELAHIRKAN ADALAH NIFAS

Post a Comment for "Hikmah Nifas Yang Ramah Perempuan"